Sabtu, 21 Januari 2012

PEMASARAN

1. Aspek pemasaran merupakan aspek yang sangat penting dalam usaha karena jika tidak ada pasar maka produk yang kita hasilkan akan sia sia.Maka dari itu analisa pasar sangat diperlukan agar dapat mengetahui estimasi permintaan dan peluang pasar. Di dalam aspek pasar ini a.l:
       1. Promosi /penawaran,
       2. Peluang pasar
       3. Cari Daerah dan Distribusi Pemasaran
       4. Harga Produk
       5. Grading dan Standardisasi
       6. Penanganan Keluhan Pelanggan
       7. Distribusi

2. Produksi benih ikan nila kelas benih sebar yang dihasilkan oleh kolompok UPR sumber mina lestari sudah di distribusikan di malang raya hampir semua kecamatan di kabupaten malang dan kota Batu terutama di jaring sekatan di bendungan Sutami(Karangkates Malang)

3. Dalam memasarkan benih kelompok memakai satu pintu penjualan hasil produksi dan wajib bagi semua anggota.

4. Produk benih ikan nila yang dihasilkan juga di distribusikan (dijual) ke beberapa kabupaten di Jawa Timur a.l Sidoarjo,Pasuruan Probolinggo,Situbondo,Gresik,Lamongan,Tuban,Kediri,Banyuwangi dll.

5. Beberapa kali produk benih juga pernah dikirim ke luar jawa seperti;Kalimantan Timur,Kalimantan Tengah,dan Papua.

6. Peluang pasar terhadap benih ikan nila yang dihasilkan oleh UPR Sumber Mina lestari cukup besar.Bahkan jumlah benih yang dihasikan baru bisa memenuhi 27% dari total permintaan(pesanan).Untuk musim tebar tahun 2008-2009 pesanan yang masuk sudah hampir 9.500.000 ekor untuk tambak di pantura dan 3.500.000 ekor untuk jarring sekat di karangkates.

7. Peluang pasar untuk benih ikan nila musim tebar 2009-2010 pesanan yang masuk sebanyak 4.700.000 ekr untuk jaring sekat waduk karangkates,dan 12.375.000 untuk distributor tambak di pantura.

3 komentar:

  1. terima kasih banyak dengan artikelnya pak, sangat membantu infonya

    BalasHapus
  2. Klu mau jual ikan nila di mn pak,mohon bantuany

    BalasHapus
  3. thank you very much for the information you provide. Truly extraordinary!


    Umpan Pelet Aquatic Super Aroma Wangi

    BalasHapus